Perubahan Sosial Selama Pandemi Covid-19

Oleh: Iletna Wati

Mahasiswa Sosiologi Agama

IAIN Bukittinggi

ilustrasi jaga jarak (histock)

Virus corona telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Dan tidak pernah terbayangkan oleh kita bahwa pandemi ini akan menyebabkan kesengsaraan pada masyarakat.  Kehadiran covid-19 telah menyebabkan perubahan sosial di masyarakat. Seperti sekarang masyarakat kebanyakan berinteraksi melalui teknologi komunikasi. Dan covid-19 ini menyebar dengan begitu cepat. dan  Tidak ada yang pernah membayangkan bahwa covid-19 ini akan menyebabkan derita pada masyarakat yang amat begitu mendalam.

Sebelum masa pandemi kita bebas berinteraksi secara langsung dengan siapapun, tetapi dengan kehadiran virus corona kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat secara bebas. Tetapi masyarakat tetap bisa melakukan interaksi sosial dengan menggunakan teknologi komunikasi, terutama media sosial. Dalam masa pandemi ini sempat menjadi kekhawatiran, terutama untuk generasi penerus, dalam lunturnya keakraban secara langsung karena masing-masing seperti memiliki dunianya sendiri.

Tidak bisa kita pungkiri dikehidupan kita ini akan ada yang namanya perubahan-perubahan, baik perubahan yang menguntungkan maupun perubahan yang tidak menguntungkan.  Pada saat pandemi yang mana menyebabkan banyaknya kematian dan kekacauan serta perubahan pada ekonomi masyarakat.

 Dengan kehadiran Virus corona ada juga manfaatnya, seperti ada sebagian orang yang jarang sholat tetapi dengan kehadiran virus corona malah menjadi rajin sholat dan mengaji, selain itu ada juga manfaatnya, biasanya kita sibuk dengan teman-teman sekarang kita sudah banyak menghabiskan waktu dengan keluarga kita masing-masing.

Perubahan sosial akibat Covid-19 telah memaksa  kita harus menerima terhadap berbagai bentuk perubahan sosial yang diakibatkan. Dengan demikian, segala bentuk aktivitas masyarakat yang dilakukan dimasa pandemi, sekarang harus disesuaikan dengan protokol kesehatan. Manfaatnya untuk memutus rantai penularan Virus Corona.

Dan ada juga perubahannya  pada bidang ekonomi masyarakat pada saat covid-19 perubahan ekonominya sangat merosot karena tidak bisa melakukan kegiatannya dengan maksimal. Dengan demikian, segala bentuk aktifitas masyarakat yang di lakukan dimasa pandemi, kita dipaksa untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti jaga jarak, cuci tangan, pakai masker dan lain-lain agar kita terhindar dari covid-19.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.