Pernikahan Di Tengah Pendemi Covid-19 Harus Mematuhi Protokol Kesehatan

Oleh : Tina daniati 

Mahasiswa Sosiologi Agama IAIN Bukittinggi

Pernikahan di masa pandemi (klikjatim.com)

Pada masa pendemi covid-19 sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti yang tidak memakai masker, tidak menjaga jarak dll. Di tengah pendemi covid-19 ini banyak orang yang melakukan pernikahan dan harus mematuhi protokol kesehatan dan mereka harus memakai masker, menjaga jarak dan orang yang melakukan pernikahan harus ditentukan berapa orang yang harus masuk seperti untuk menjaga jarak agar tidak terdampak covid-19 tersebut. 

Pernikahan adalah upacara perngikatan janji nikah yang di laksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum dan norma sosial dan pernikahan dapat juga diartikan menyatukan dua insan yang berbeda untuk mendapatkan keterunan dan menjadi keluarga sakinah, mawadah dan warohmah. Dan ditengah pendemi covid-19 ini pernikahan harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya covid-19 ini. 

Corona virus desis 19 ( covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini di temukan. Sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan, sedang dan akan puliah penanganan khusus. Gejala virus corana seperti flu, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, demam dan merasa tidak enak badan. Dan cara pencegah virus ini seperti jaga jarak, mencuci tangan, pakai masker dll. 

Untuk mematuhi protokol kesehatan pernikahan tidak harus memakai resepsi kalau tidak ada pemberitaan izin dari polisi atau dari dinas kesehatan untuk melakukan resepsi tersebut. Orang yang melakukan pernikahan kedua mempelai harus memakai masker dan orang yang harus menghadiri pernikahan tersebut harus terbatas atau hanya orang yang berkepentingan untuk menghadiri pernikahan itu saja dan mereka harus menjaga jarak dan mereka harus mematuhi protokol kesehatan. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.