Pergaulan Pada Remaja

Oleh : Tina Daniati

Mahasiswa IAIN Bukittinggi

Remaja (kemdikbud.go.id)

Pergaulan adalah hubungan yang tercipta dikarenakan adanya interaksi yang dilakukan setiap manusia. Pergaulan ini bisa terjadi dimana saja dan oleh siapa saja. Pergaulan yang banyak disoroti sekarnag adalah pergaulan pada remaja yang mana pergaulan yang terjadi pada remaja ini banyak melakukan penyimpangan. Penyimpangan yang banyak terjadi adalah penyalahan penggunaan narkotika, kericuhan yang banyak dilakukan, tindak kejahatan seperti mencuri bahkan tindakan pembunuhan.

Pergaulan pada remaja ini sebenarnya memilik dampak positif yang mana remaja bisa merasakan bagaimana rasa kebersamaan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Namun banyak dari pergaulan remaja ini membentuk karakter remaja yang buruk, sehingga yang dilakukan oleh remaja ini menjadi bertentangan dengan lingkungan masyarakat.

Pada hakikatnya remaja menjadi tonggak untuk meneruskan bangsa, untuk itu diperlukannya pendidikan karakter untuk remaja agar terciptanya remaja-remaja yang berkualitas dan memiliki etika yang baik. Pendidikan karakter remaja ini dapat dimulai dari pendidikan dari orang tua atau keluarga terdekat yang dilimiki remaja, kemudian pendidikan pada sekolah. Pembentukan karakter yang baik ini akan memberikan dampak terhadap remaja dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Namun banyak dari orang tua membiarkan anaknya dikarenakan beberapa hal yang mana membuat karakter remaja ini mejadi buruk sehingga mudah terpengaruh pergaulan yang tidak baik pada lingkungan pergaulannya, hal yang banyak dilakukan oleh orang tua seperti:

  1. Terlalu sibuk dengan urusan ataupun pekerjaannya
  2. Kurang memberi perhatian kepada anaknya 
  3. Kurang tegasnya orang tua kepada anak / terlalu memanjakan anaknya.

Orang tua merupakan keluarga terdekat yang dimiliki oleh anaknya, karena itu pendiddikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya akan bisa lebih mudah diserap oleh anak itu sendiri dari pada pendidikan yang berikan di sekolah. Namun pendidikan pada sekolah juga akan memberikan pengaruh terhadap karakter yang dimiliki oleh anak itu sendiri.

Untuk itu diharapkan agar orang tua mengontrol anak anak nya agar anak bisa terhindar dari pergaulan yang buruk yang akan berdampak pada anak itu sendiri, orang tua juga bisa mengontrol anak nya pada lingkungan sekolah dengan cara berkomunikasi dengan guru yang ada di sekolah. Dengan demikian karakter yang dimiliki anak menjadi lebih baik dan anak itu sendiri akan membanggakan orang tuanya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.