Pentingnya Memakai Masker di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Reni Fitri Yenti

Mahasiswa sosiologi agama IAIN Bukittinggi

Covid-19 merupakan peyakit yang baru baru ini muncul yang menyebar di seluruh dunia, yang mana covid-19 ini merupkan satu peyakit yang berasal dari tiongkok wuhan cina yang awal mulanya berasal dari makanan yang dikonsumsi mereka. Sehingga muncul sebuah peyakit yang bernama corona virus atau covid-19. Dengan adanya virus ini menyebabkan semua manusia didunia harus memperhatikan kesehatan yang lebih baik lagi agar tidak terpapar peyakit yang mematikan ini, tidak hanya di Indonesia saja bahkan peyakit ini sudah merajalela keseluruh dunia baik itu Australia, amerika, dan Negara besar lainnya.

foto: padek.jawapos.com

Dengan adanya covid-19 diindonesia, maka pemerintah  membuat tindakan adanya PSBB yaitu pembatasan sosial berskala besar yang artinya  setiap manusia dibatasi kegiatan yang dilakukan sehari hari, contohnya harus memakai masker jika keluar rumah. Pemerintah menetapkan peraturan bahwa masyarakat harus lebih menjaga kesehatannya apalagi pada masa pendemi sekarang ini, salah satunya pemerintah mewajibkan masyarakat agar memakai masker jika hendak keluar rumah, menjaga jarak jika komunikasi dengan orang lain, dan sering cuci tangan setelah melakukan kegiatan. 

Memakai masker dimasa pandemi covid-19 adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, namun masih terdapat beberapa orang yang lalai terhadap aturan pemerintah tentang pentingnya memakai masker di masa pandemi ini. Dengan memakai masker terbukti menjadi cara yang lebih efektif dalam penularan covid-19, yang mana virus ini cepat menyebar dari transmisi udara. 

Masker merupakan pelindung diri yang sangat penting bagi manusia, karena dengan menggunakan masker penularan covid ini tidak terjadi secara cepat. Penggunaan masker seharusnya dibatasi agar persediaan masker masih tetap ada. Namun pada saat sekarang ini persediaan masker yang kurang memadai sehingga banyak dari masyarakat yang tidak mematuhi aturan dari pemerintah. Apalagi orangtua yang tidak nyaman memakai masker sehingga mereka mengabaikan pentingnya memakai masker dimasa pandemi ini.  

Merujuk pada pentingnya menggunakan masker di masa pandemi saat sekarang ini, beberapa upaya yang dilakukan pemerintah agar masyarakat selalu memperhatikan kesehatan pada masa pandemi sekarang ini pemerintah memperketat aturan bahwa siapa saja yang tidak mengunakan masker maka akan dikenakan sanksi baik itu berupa sanksi yang ringan maupun yang berat, hal ini ditegaskan pemerintah agar masyarakat patuh terhadap aturan pemerintah agar masyarakat tida mudah terpapar oleh peyakit yang serius ini.

Di era new normal sekarang ini aktivitas diluar rumah sudah dibolehkan akan tetapi masih diperketat aturan tentang new normal, salah satunya selalu menggunakan masker jika hendak beraktivitas diluar rumah. Agar aktivitas diluar rumah tetap aman dan higienis dan tidak mudah terpapar oleh covid-19. 

Berikut peraturan pusat tentang covid-19 di era new normal saat ini :

  1. Semua fasilitas komersial swasta, industry dan bentuk bisnis lainnya yang beroperasi pemerintah daerah wajib untuk menyerahkan”rencana pengelolaan normal baru” kepada unit pemerintah daerah
  2. Pengelola dan keamanan wajib menerapkan aturan jarak fisik  (physical distancing)  pada setiap took, antrian dan semua fasilitas lainnya minimal satu meter.
  3. Tetap menerapkan pemeriksaan suhu tubuh wajib disemua area tertutup dan semi tertutup.
  4. Pemerintah daerah harus menyusun dan mengembangkan basis data semua komersi, took, mall yang beroperasi.
  5. Selalu menerapkan protokol kesehatan dimana saja berada seperti selalu memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak minimal 1 meter, dan isolasi mandiri.

DPRD Sumatra barat telah mengesahkan rancangan perda khusus tentang adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Perda tersebut disahkan untuk menjadi landasan kebijakan menekan laju penyebaran covid-19 di sumbar sendiri. Terdapat beberapa aturan yang dibuat oleh DRD sumbar tentang pencegahan penularan covid-19 yaitu dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan yakni selalu memakai masker , menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan menggunakan handsanityzer, peraturan daerah sumbar sampai saat ini berkembang yaitu dengan danya peraturan baru dengan memperketat perautan yang lama antara lain bagi siapa yang tidak menggunakan masker jika keluar rumah atau sedang berada dalam keramaian akan dikenakan sanksi denda sebanyak Rp. 200.000 atau di ber hukuman pidana selama 2 hari. Selain sanksi perda ini juga mengatur pemberian penghargaan kepada pihak yang dianggap berkonstribusi luar biasa dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 di sumbar. Guberbur irwan prayitno mengatakan peraturan daerah ini sangat penting bagi upaya untuk pencegahan penularan covid-19 di Sumatra barat.

Dengan munculnya covid-19 ini menyadarkan kita agar selalu menjaga kesehatan karena kesehatan sanngatlah penting agar kita bisa melaksanakan kegiatan kita sehari hari, dan sebaiknya kita patuhi aturan dan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah supaya penularan covid-19 ini tidak cepat menyebar terutama pada diri kita dan keluarga kita. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.