Masyarakat Masih Banyak Abaikan Protokol Kesehatan

Oleh: Zulaikha

Mahasiswa sosiologi agama IAIN Bukittinggi

foto: hukuman saat abai protokol kesehatan - sumber: jakarta.go.id

Pada zaman sekarang dunia telah dilanda pademi covid-19 yang sangat mematikan. Dalam hal ini pemerintah telah menerapkan adanya protokol kesehatan tapi masyarakat tidak memperdulikan hal tersebut. Banyak masyarakat yang masih menganggap remeh virus ini, masyarakat tetap melakukan aktifitas seperti biasanya tanpa menggunakan protokol kesehatan yang berlaku.

Pada dasarnya menjaga kesehatan itu sangatlah penting. Tujuan diberlakukan nya protokol kesehatan ini bukan hanya untuk menghindari virus corona ini saja, tetapi memiliki guna lain yang bermanfaat pada diri sendiri. Kegunaan lain nya seperti, beraktifitas menggunakan masker dapat menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit. 

Beragam bentuk himbauan dari spanduk tentang wajib pakai masker, sosialisasi di pusat keramaian seperti pasar, warkop, persimpangan jalan. Kondisi di lapangan menunjukan masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan walaupun banyak tulisan dan himbauan wajib pakai masker. 

Ada juga orang yang bandel disaat flu dan batuk tetapi  keluar rumah tidak pakai masker, pergi ke tempat keramain seperti pasar, mesjid, dan warkop. Bersin dan buang ludah sembarangan, ini menyebarkan bibit virus yang menurunkan daya tahan tubuh. Bila tubuh sudah lemah sangat mudah terpapar virus corona atau covid-19.

Dalam hal ini masyarakat seharusnya mengikuti protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah walaupun masyarakat tidak mempercayai bahaya nya virus corona ini. Untuk itu diperlukan kesadaran diri masing-masing individu masyarakat agar melakukan aktifitas diluar rumah dengan menggunakan masker. Jagalah kesehatan dan kebersihan jangan sampai kita terpapar virus corona atau covid-19. Mencegah lebih baik dari pada kena virus yang sangat berbahaya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.