Larangan Pemakaian Masker Scuba Ditengah Pandemi Covid 19

Oleh : Puti Febriana Sukma 

Mahasiswa Sosiologi Agama

IAIN Bukittinggi

Di tengah pandemi covid 19 yang seperti saat ini, kita diwajibkan oleh pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjarak jarak dan memakai masker. Saat ini yang menjadi perhatian banyak orang yaitu mengenai pemakaian masker yang benar untuk mencegah masuknya virus kedalam tubuh manusia.. Pemakaian masker saat beraktivitas diluar rumah menjadi hal yang penting di situasi saat ini. Pemakaian masker sangat diperlukan untuk meminimalisir virus sup aya tidak masuk kedalam tubuh. 

Pedagang masker scuba - foto: viva.co.id

Saat ini berbagai jenis masker terus bermunculan ditengah masyarakat, apalagi setelah melonjak nya harga masker bedah sehingga mengakibatkan kesulitan bagi masyarakat untuk mendapatkan masker tersebut yang membuat para pelaku UKKM untuk mencipkan masker yang simple serta mudah untuk didapatkan yakni masker kain yang berbahan scuba. Akan tetapi setelah beberapa bulan pandemic covid 19 Pemerintah telah melarang penggunaan masker kain berbahan scuba. Sebab, dianggap tidak maksimal dalam mencegah penularan virus covid 19. Sementara itu, sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) sudah telanjur memproduksi masker bahan scuba dalam jumlah banyak. Namun, di balik larangan pemeritahan terkait dengan masker scuba tersebut sebagian masyarakat saat ini masih banyak yang memakai masker scuba dan para pedagang pun juga masih menjual masker tersebut di pasaran. Walaupun Semenjak munculnya larangan ini banyak para penjual dan masyarakat yang pro dan kontra terkait permasalahan ini, karena mereka kecewa dengan keputusan pemerintahan melarang penggunaan masker ini walaupun demi kenyamanan para konsumen. 

dilihat dari sisi sosiologi ekonomi, munculnya masker scuba membawa dampak positif dan negative ditengah masyarakat. Dampak positifnya yaitu adanya masker scuba muncul para pelaku UMKM yang baru membuka usaha produksi masker scuba akan berdampak pada peningkatan ekonomi mereka. Sedangkan, dampak negatifnya yaitu dengan adanya larangan pemakaian masker ini, secara tidak langsung para pelaku UKKM akan kehilangan peluang usahanya untuk berkembang lebih pesat. Jika masalah tersebut masih terus berlanjut, maka salah satu solusi dari larangan terkait pemakaian masker scuba yakni dengan memberi lapis pada masker scuba tersebut agar masker tersebut bisa memenuhi standar yang baik untuk di gunakan. Namun hal ini tentu belum sepenuhnya akan disetujui oleh pemerintah karena pemerintah telah mengajurkan untuk menggunakan masker medis atau masker standar yang dapat melindungi diri kita dari virus tersebut. 

Akan tetapi, apapun keputusan yang telah dikeluarkan oleh pemerintahan jika itu selama dalam konteks yang baik apalagi hal itu demi kebaikan semua banyak orang, itu tidak akan menjadi masalah. Walaupun di iringgi dengan pro dan kontra ditengah masyarakat karena hal tersebut tidaklah mudah diterimah oleh semua masyarakat apalagi para pelaku UKKM yang mengantungkan kehidupan ekonomi mereka dari hasil memproduksi masker ditengah pandemic covid 19.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.