Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pandemi Covid-19

Oleh : Vina Jasmita

Mahasiswa Sosiologi Agama IAIN Bukittinggi

tes covid (kabar24.bisnis.com)

Pada masa pandemi sekarang ini banyak masyarakat yang masih menganggap remeh virus ini, masyarakat tetap melakukan aktifitas seperti biasanya tanpa menggunakan protokol kesehatan yang berlaku. Masyarakat yang banyak menganggap remeh virus ini rata-rata masyarakat pada kalangan remaja.

Kepedulian dan kepercayaan masyarakat tentang virus corona ini masih kurang, dikarenakan masyarakat masih sangat mempercayai kematian itu datang dari ALLAH dan tidak bisa manusia menentukannya. Masyarakat banyak mengatakan “sejak kita lahir kita sudah ditentukan karena apa kita akan meninggal, jika kita tidak meninggal karna virus ini maka tidak akan meninggal”.

Masyarakat yang tidak mempedulikan dan mempercayai virus ini rata-rata masyarakat yang bermukim di desa, karena jauh dari kota-kota. Seharusnya masyarakat menyadari bahwa virus ini dapat menyerang siapapun, bahkan masyarakat yang bermukim di desa, karna itulah pemerintah membuat protokol kesehatan agar bisa terhindar dari virus ini saat melakukan aktifitas di luar rumah.

Pada dasarnya menjaga kesehatan itu sangatlah penting bagi setiap manusia. Tujuan diberlakukannya protokol kesehatan ini bukan hanya untuk menghindari virus corona ini saja, tetapi memiliki guna lain yang bermanfaat pada diri sendiri dan orang lain.

Kegunaan lainnya seperti, beraktifitas menggunakan masker dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit yang dapat ditularkan melalui udara, sedangkan sering mencuci tangan berguna untuk menjaga kebersihan diri sendiri yang dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Dalam hal ini masyarakat seharusnya mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti, menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, sering mencuci tangan dan melakukan pysical distancing walaupun masyarakat itu sendiri tidak mempercayai bahayanya virus corona ini. 

Walaupun pemerintah telah memberikan sanksi terhadap masyarakat yang melanggar peraturan yang telah di tetapkan, masyarakat tetap melanggar aturan yang sudah ada tersebut.

Untuk itu diperlukan kesadaran dari diri masing-masing individu masyarakat agar melakukan aktifitas diluar rumah dengan cara menghindari kerumunan, menggunakan masker dan sering mencuci tangan agar bisa dapat mengindari berbagai penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita termasuk covid-19 ini dan agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain yang berada disekitar kita terutama keluarga kita sendiri.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.