Pertemanan yang Rusak

ilustrasi: bisnis.com


Oleh : Vina Jasmita

Mahasiswa Sosiologi Agama IAIN Bukittinggi

Interaksi sosial merupakan sebuah bentuk komunikasi dengan orang lain yang dapat menciptakan sebuah hubungan. Hubungan yang tercipta dari interaksi sosial ini seperti hubungan pertemanan, hubungan keluarga, hubungan persahabatan dan lain-lain. Hubungan ini bisa tercipta dimana saja seperti pada lingkungan sekolah, lingkungan kampus, lingkungan masyarakat. Namun ada kalanya hubungan ini bisa menjadi rusak yang menyebabkan terjadinya perpecahan dalam berteman.

Permasalahan yang banyak membuat perpecahan pada hubungan pertemanan ini umumnya dikarenakan hal yang spele, namun dikarenakan perbedaan kepribadian setiap manusia itu berbeda-beda dan sifat manusia yang berbeda-beda maka hal spele tersebut bisa menjadi permasalahan yang besar. Bentuk permasalahan yang sering terjadi pada hubungan pertemanan adalah sebagai berikut:

  1. Mudah tersinggung dengan candaan teman.
  2. Mementingkan keegoisan sendiri.
  3. Membicarakan kesalahan teman dibelakangnya.
  4. Memanfaatkan teman sendiri.
  5. Terlalu mudah mendendam.

Mudah tersinggung dan mementingkan keegoisan sendiri merupakan tindakan yang tidak baik dalam menjalankan hubungan pertemanan. Terkadang candaan yang dilakukan oleh teman hanaya untuk gurauan semata agar tidak bosan saat berkumpul bersama-sama, hanya saja teman yang melakukan candaan tersebut sebelumnya juga harus berpikir dengan apa yang akan ia katakan apakah akan menyakiti perasaan orang lain atau tidak. 

Keegoisan dalam hubungan pertemanan ini juga seharusnya dapat dihindari. Sifat egois merupakan sifat yang tidak baik karena dengan keegoisan ini kita tidak akan mau mendengarkan pendapat orang lain tentang bagaimana kita dan kesalahan yang kita perbuat, kita selalu membenarkan apa yang kita lakukan tanpa mendengar masukan dari orang lain yang bertujuan untuk mrmbuat kita menjadi lebih baik lagi.

Kemudian membicarakan kesalahan teman dibelakangnya merupakan sebuah tindakan yang tidak bagus. Seharusnya jika ia kita anggap teman, kita mengatakan kesalahan yang dilakukannya agar tidak adanya kesenjangan dalam hubungan pertemanan. Namun kita tidak bisa memaksa teman menyukai atau tidaknya dengan penjelasan yang kita berikan, semuanya itu kembali kepada pribadi mereka sendiri.

Terlalu mudah menjadi pendendam itu sangatlah tidak baik, karna namanya kita hidup dan kita menjalani hubungan pastinya akan ada masalah yang akan timbul, hanya saja tergantung kita bagai mana kita menyikapi permasalah itu, namun kebanyakan manusia sering menyikapi permasalah yang timbul ini dengan kepala yang pana yang akhirnya akan berdampak buruk bagi hubungan itu sendiri.

Pada umumya setiap manusia membutuhkan pertolongan orang lain untuk menjalani hidup di dunia, namun banyak dari manusia tidak menyadarinya. Banyak dari manusia memanfaatkan hubungan pertemanan itu untuk mendapatkan keuntungan masing-masing, hubungan pertemanan ini akan mudah rusak dengan cara tersebut. Orang yang bersaudara saja bisa terpecah hanya karena mementingkan keuntungan masing-masing. 

Untuk itu diperlukan berpikir secara dewasa dalam menjalin setiap hubungan agar hubungan tersebut bisa bertahan dan tetap berjalan dengan baik. Dalam islam memutuskan hubungan silaurrahmi akan berdosa, maka dari itu perlunya tolong menolong sesama manusia secara ikhlas karena menolong sesama manusia dengan ikhlas akan mendapatkan pahala dan lebih mempererat silaturrahmi dalam menjalankan hubungan dengan orang lain. [tacom/Vina]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.