Pendidikan Selama Pandemi Covid 19, Ada Hikmahnya!

learn more
Oleh : Cici Paramida 
Mahasiswa Sosiologi Agama
IAIN Bukittinggi

Dari kasus pandemi Covid 19 yang kita hadapi saat ini.  Semua elemem merasakan dampaknya. Semua lembaga merasakan imbasnya, mulai lembaga sosial, keagamaan dan lembaga pendidikan.

Lembaga tampa ada fasilitas atau sarana dan prasarana tidak akan bisa berjalan dengan sempurna. Contoh nya untuk artikel kali ini kita akan bahas  tentang pendidikan selam pandemi covid 19. Untuk lemabga pendidikan negara mempunyai kewajiban untuk menyediakan bangunan tersebut untuk menyediakan yang kita kenal dengan sekolah. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KKBI), Sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.  Saat ini kita lihat tidak ada sekolah yang buka. Pandemi  covid 19 yang menganjurkan kita untuk sementara menunda pertermuan yang sifat nya ramai.  Terutama sekolah juga ikut mematuhi mengunjungi perpustakaan, kita tidak bisa bertemu teman sebaya, kita tidak bisa bertemu dengan guru di  Sekolah, yang mana selama ini kita jadikan tempat bertanya, yang memberikan kita pengtahuan dari yang tidak tau menjadi tahu. Kita tidak bisa bertemu Ibu Kantin yang baik hati nya dan dengan keramah tamahan nya dalam melayani kita ketika hendak makan siang. Namun dari semua yang terjadi hanya pelajaran yang bisa kita ambil,  kita jadi sadar bahwa selama ini betapa pentingnya sebuah pertemuan. Selama ini mungkin kita sudah menyia- nyiakan  sebuah pertemuan dan akhinya kita semua merindukannya. 

Belum lagi kita mengakaji kesusahan yang di hadapi pelajar saat belajar di masa pandemi akibat pandemi Covid 19.  Yang mengharuskan kita belajar dari rumah. Sekolah dari rumah atau Home Schooling. Meskipun semua nya sudah terjadi yang terpenting sekarang kita tidak boleh lagi menyalahkan kedaaan, harus kita sadari apapun dan kapan pun itu bahwa perubahan itu akan selalu ada apa pun itu penyebatnya. Poin penting yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita dalam beradapatasi lagi.   Sama hal nya dengan  sekarang tiba- tiba kita harus belajar  dari rumah. Banyak kita lihat masalah yang terjadi saat ini,  seperti program belajar online pun tidak mudah, banyak yang menyalahkan belajar online ini tidak efektif pelajaran yang diambil tidak mudah di serap.  Melalui tulisan ini saya akan menyampaikan bahwa jangan lagi kita menyalahkan ini , kita stop untuk mencari alasan ini bahwa alasan kita sesungguhnya tidak membangunkan , atau malah menjadikan kita jadi tidak bisa mengikuti nya.  Menurut saya tidak ada yang salah dari program belajr online ini, sekarang kita hidup memang di zaman teknologi,  di zaman yang serba canggih ini seperti kita hanya belajar mengunakan handphone android. Sekarang ini itu sudah jadi bagain dari hidup kita untuk melangsungkan kehidupan. Berbeda kalw dulu kita lihat hidup di zaman nenek moyang kita. Karena di zaman mereka tidak ada handphone ini.  juga sekolah  Seperti hal nya cuman belajar kita sudah harus mengikuti perkembangan zaman nya kalaw teknolologi diangap sebuah fasilitas kita harus bisa mampu menggunakan nya. Buat hal- hal yang lain kok kita bisa menggunakan nya?Untuk belajar kita mengeluh.!

Kemudian masalah yang kita temukan ketika para orang tua kesulitan dalam mengajar  anak nya di rumah, di karenakan sebahagian dari orang tua saat ini sebahagian hanya mengurusi untuk mengurus kepentingan ekonomi. Memang iya ekonomi adalah tonggak untuk kita dalam menjalani hidup, orang tua bekerja banting tulang siang dan malam demi mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Tapi di sisi lain pendidikan adalah penting juga untuk anak, karena sebenarnya pendidikan yang paling utama itu tidak berasal dari sekolah  melainkan pendidikan yang utama  itu adalah dari keluarga  di masa pandemi covid 19 inilah kita terutama para orang tua bisa memakasimalkan pendidikan untuk keluarga. Banyak juga kita  temui orang tua yang hanya mengejar kebutuhan ekonomi saja tampa memperhatikan pendidikan belajar anak, sesekali kita temani anak belajar dan dari situ pula kita tahu bahwa bagaimana kemampuan anak kita. Nah dimasa pandemi covid 19 hikmah ini yang bisa kita ambil lebih beruntung lagi pada anak- anak yang selama ini orag tua nya sibuk bekerja di luar, sekaraang pekerjaan dikerjakan di rumah. Dengan begitu waktu yang kita lalui bersama kelurga jadi banyak. 

Sebenar nya ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dalam pandemi covid 19 ini, namun itu sedikit hikmah dari proses pendidikan yang di alami selama covid 19. Mudahan – mudahan bisa berguna bagi kita  yang ikut juga merasakan dampak dari pandemi covid 19 khusu ya di bidang pendidikan. Kita berdoa agar pendemi covid 19 ini segera berkhir dan bumi ini segera membaik agar kita bisa beraktifitas seperti sedia kala. [tacom/cici ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.