KELADI VIRAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Mimi Lasmita

Mahasiswa Sosiologi Agama IAIN Bukittinggi

Bunga keladi merupakan salah satu jenis tanaman hias yang saat ini sedang booming di tengah masyarakat nagari Sialang Gaung, bahkan diberbagai pelosok maupun kota di Indonesia. Sekarang ini, dikalangan emak-emak Sialang Gaung berlomba-lomba untuk memiliki bunga keladi di rumahnya masing-masing dengan bentuk dan warna daun yang berbeda-beda, sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Sebelumnya, bunga keladi ini tidaklah dilirik dan hanya dipandang sebelah mata. Bunga keladi ini banyak sekali ditemui di kebun-kebun tetapi dibiarkan begitu saja tanpa dijadikan sebagai bunga hias. 

Keladi atau bahasa lainnya adalah talas, juga merupakan jenis tanaman liar yang bisa tumbuh disembarang tempat, tampa dirawatpun dia akan tetap hidup. Keladi atau yang saat ini dijadikan sebagai bunga hias oleh masyarakat diberbagai daerah, dahulunya hanyalah tanaman buangan yang tak bernilai, tetapi sekarang bisa ditukarkan dengan sejumlah nominal.

Saat ini, selain dijadikan sebagai tanaman hias bunga keladi juga dijadikan sebagai ladang bisnis. Harga dari bunga keladi ini dijual dengan harga yang berkisar antara puluhan ribu bahkan sampai ratusan ribu, harga bunga di tentukan tergantung dari ukuran dan corak bunganya. Setiap bentuk dari bunga keladi ini diberi nama yang unik agar terkesan lebih menarik. Ambil saja contohnya keladi yang diberi nama Janda Bolong yang saat ini sedang viral di sosial media.

Kehadiran bunga keladi ini, seolah-olah menjadi penyejuk ditengah hangatnya pandemi covid-19. Masyarakat yang saat ini dituntut untuk berdiam diri di rumah dan tidak banyak melakukan aktivitas diluar, dengan maksud agar tetap aman dari penyebaran virus corona, sehingga masyarakat diberbagai daerah menanam bunga di rumah untuk mengisi kekosongan waktu bahkan dijadikan sebagai ladang bisnis untuk menambah pendapatan ditengah kemerosotan perekonomian dimasa pandemi covid-19.


Keindahan warna yang dimiliki oleh bunga keladi, memberikan kesan menarik yang sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk mempercantik ruangan. Karena kecantikan dan keunikan dari bunga keladi, itulah sebabnya bunga keladi ini dijadikan Primadona oleh setiap masyarakat diberbagai daerah di Indonesia saat ini. 


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.